Thursday, February 16, 2012

Toyota Bangun Pabrik Mobil Murah di Indonesia

Menjelang kedatangan Presiden Toyota Motor Corp Akio Toyoda ke Indonesia pekan depan, muncul kabar kalau Toyota akan membangun pabrik lagi di Indonesia.

Seperti dimuat Nikkei dan dilansir Reuters, Jumat (9/9/2011), Toyota menghabiskan kocek sebesar US$ 388 juta (sekitar Rp 3,3 triliun) untuk pembangunan pabrik baru. Pabrik itu akan menambah kapasitas produksi Toyota di tanah air menjadi 200.000 unit per tahun.

Pabrik itu diyakini akan mulai beroperasi pada 2013 nanti. Fasilitas baru itu akan dibangun berdekatan dengan pabrik Toyota di Karawang.

Pabrik ini akan membuat 3 mobil subkompak, termasuk sebuah mobil murah yang disiapkan Toyota untuk Indonesia. Mobil murah itu kini masih dalam pengembangan.

Sumber-sumber di Toyota Indonesia ketika dihubungi detikOto masih tidak mau berkomentar mengenai kabar pendirian pabrik baru ini.

"Wah nanti disenggol-senggol," ujar salah satu sumber detikOto sambil berkelakar.

Toyota bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi di Indonesia. Sebelumnya di bulan Mei lalu, Toyota akan menghabiskan 16,5 miliar yen untuk menaikkan produksi di Indonesia menjadi 140.000 unit dari sebelumnya 100.000 unit.

No comments:

Post a Comment