Thursday, February 16, 2012

Mobil Murah Hanya untuk Pabrikan Lokal

Rencana pemerintah untuk memproduksi mobil murah dan ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC) dalam waktu dekat segera terealisasi. Namun mobil murah ini bisa dipastikan tidak berlaku untuk para Agen Pemegang Merek (APM) asing, akan tetapi lebih diperuntukkan untuk industri lokal.

Seperti yang diungkapkan Direktur Alat Transportasi Darat Supriyanto dalam diskusi di Kantor Kementerian Perindustrian Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (12/1/2012).

"Terkait dengan mobil LCGC untuk mobil 1.000 cc diharapkan akan mampu berjalan 22 km per 1 liter. Sedangkan untuk 1.200 cc diharapkan bisa mencapai 20 km per 1 liter. Mohon maaf untuk teman-teman prinsipal, (LCGC) ini akan dimanfaatkan oleh teman-teman lokal," ujarnya.

Tiak berhenti sampai disitu Supriyanto pun mengatakan bisa saja kebijakan LCGC akan lahir di kuartal pertama 2012.

"Kalau 1 liter untuk 22 km ini bisa dalam jangka pendek, mudah-mudahan dalam tahun ini. Insya Allah kuartal pertama, memang ada beberapa kebijakan LCGC dan ini akan menjadi kendaraan yang irit bahan bakar," katanya.

Menperin MS Hidayat menuturkan LCGC memang akan ditelurkan di kuartal pertama tahun ini. Perhitungan pajak dan lainnya sedang digarap.

"Memang itu sekarang sudah ada di BKF (Badan Kebijakan Fiskal), saya sudah menunggu berapa bulan, selama 2011 kemarin, separuh 2011, mestinya keluar. Apalagi dipicu oleh Esemka itu memicu lebih cepat momentum kita melahirkan mobil karya anak bangsa," ujarnya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment