Thursday, February 16, 2012

KIA Uji Sedan K9 di Salju

Produsen mobil KIA dalam beberapa bulan ke depan dipercaya akan memperkenalkan sebuah sedan baru yang akan menjadi flagship produsen mobil asal Korea Selatan itu.

Menurut KIA Motors, mobil ini merupakan sedan yang menggunakan sistem penggerak roda belakang alias rear wheel drive (RWD) yang akan diluncurkan dalam 2 bulan kedepan.

Banyak pihak menyakini kalau mobil ini akan didasarkan pada Hyundai Genesis. Dan yang jelas, mobil ini tetap akan menggunakan bahasa desain ‘fluidic sculpture’ yang memang menjadi jagoan saudara Hyundai tersebut.

Dari sketsa yang diberikan tampak garis desain yang mengalir lembut hingga ke buritan yang kemungkinan merupakan hasil kreasi kepala desain KIA, Peter Schreyer yang merupakan alumni Audi. Di bagian depan, bentuk grille 'harimau' yang banyak diaplikasi di mobil-mobil KIA tampak pula di mobil ini.

Sebab mobil ini diklaim menjanjikan inovasi desain dan suguhan teknologi terkini. Direktur Marketing Group KIA, Soon-Nam Lee seperti detikOto kutip dari Go Auto, Selasa (14/2/2012) mengatakan bahwa sedan ini akan menjadi andalan baru bagi KIA karena mengintegrasikan semua kemampuan kunci Kia seperti desain, performa, fitur berteknologi tinggi dan infotainment untuk menjadi satu model yang 'mencolok.'

"Big sedan rear wheel drive ini pasri akan menjadi mobil utama di line up kami di seluruh dunia karena menampilkan yang terbaik dari yang terbaik dari KIA," katanya.

Sebelum resmi diluncurkan, KIA KH yang juga mengusung nama sedan luxury K9 itu kedapatan tengah diuji di daerah bersalju di Swedia Utara. Untuk menyamarkan wajahnya, KIA mengeridunginya dengan kain hitam di sekucur tubuh mobil tersebut.

Namun kabarnya mobil yang masih menjadi tanda tanya itu bakal menggunakan 3 mesin berbeda yakni mesin kapasitas 3.800cc V6 yang sanggup melontarkan tenaga 248 kW, 4.700cc V8 bertenaga 287kW, dan mesin 5.000cc V8 bertenaga 320 kW yang dikawinkan dengan transmisi 8-speed otomatis.

Selain itu mesin bensin, rencananya KIA bakal menyematkan mesin diesel untuk pasar mobil Eropa.

Meskipun ditutupi dengan kamuflase, prototipe K9 terlihat ramping, elegan, dan proporsional serta mewah. Bahkan desain mobil tersebut disebut-sebut terinpirasi dari sedan sport KIA GT. KIA K9 menggunakan head lamp yang dipercantik LED.

No comments:

Post a Comment